Kamis, 13 September 2012

KARTUN MASA KECIL

Assalamualaikum!

Selamat pagi para jomengers seluruh Indonesia. Gue harap kalian masih sehat dan masih betah ngejomblo. Banggalah dengan status kalian itu. Kembali lagi bersama gue duta jomblo mengenaskan yang tiba-tiba ketularan Gangnam Style. Opp.. Opp.. Opp.. Oppa Gangnam Style *dance kuda*.


Seperti janji gue di postingan sebelumnya. Gue akan lebih rajin nge-update blog gue yang apa adanya ini. Kali ini gue menambahkan tab baru yang ada di sebelah kiri. Bisa kalian lihat kan tab-tab apa aja yang udah ada. Nah! Akan ada tab baru dengan nama ‘ACARA TV YANG PALING ASIK DITONTON MENURUT GUE YANG JOMBLO MENGENASKAN INI’ . . . oke kepanjangan judulnya. 

Kalau ini gimana? ‘4C@rA Tv y4N6 450Y!’ . . . judulnya gak panjang. Tapi kenapa mesti ala alay gitu gue nulisnya? -___-. Ini yang terakhir. Tab dengan judul ini pantes gak? ‘TONTONAN ALA GUEH!’ masih kepanjangan? Ini benar-benar yang terakhir! ‘TONTONAN GUEH!’ keputusan tidak dapat diganggu gugat. Selamat datang tab baru ‘TONTONAN GUEH’. *penyambutan tab baru yang gak ada meriah-meriahnya sama sekali* #kasian -_____-

Postingan di tab baru kali ini belum membahas tontonan atau acara tv yang sering gue tonton. Gue pengen membawa kalian yang seumuran gue untuk bernostalgia ke masa kecil kalian dulu. Satu pertanyaan dari gue. Pada masih ingat gak pada hari minggu ku turut ayah ke kota… Kok malah nyanyi!!! #aisshh! Fokus! Kalian pada masih ingat gak kartun favorit kalian yang sering muncul di hari minggu?

Gue yakin pasti sebagian besar bakalan ngejawab Doraemon atau Chibi Maruko Chan atau Pokemon atau kartun apa pun yang dulu pernah menjadi favorit kalian. Kalau ditanya balik ke gue, tentu saja gue masih ingat semuanya. Biasanya kalau hari minggu, gue paling cepat bangunnya. Alasannya sangat jelas. Gue pengen cepat bangun biar bisa nonton kartun favorit gue. 

Kartun masa kecil gue banyak banget. Kalau gue sebutin satu-satu, postingan ini baru kelar pas bang Toyib pulang kali ya. Kartun yang akan gue ulas di sini sekitar 3 atau 4 judul kartun saja. Disimak ya. Silahkan nyamankan posisi baca kalian. Cekibrosist!!!

1. Doraemon
Doraemon and The Gank

Siapa yang gak kenal ama Doraemon? Robot kucing masa depan yang dengan kantong ajaibnya bisa mengeluarkan apa saja. Kalau doraemon itu ada, gue pengen dia ngeluarin alat buat para jomengers seluruh Indonesia supaya gak pada jomblo. Kembali ke ulasan soal Doraemon. Mungkin, Doraemon satu-satunya kartun yang tak lekang oleh waktu (serasa Kerispatih). Dari gue kecil sampai dewasa sekarang, kartun ini masih ada di RCTI. Dulu waktu tayangnya gue masih ingat. Jam 08.00 pagi. Setelah film kartun Chibi Maruko Chan dan Hamtaro. Kalau sekarang gue gak tau jam berapa tayangnya Doraemon. Maklum, dalam otak gue hari minggu itu waktu yang tepat untuk tidur sampai siang. Yang gue bingung sampai sekarang, Nobita kok besar-besar juga ya? 

Pertama kali nonton Doraemon gue udah masuk TK. Sekarang gue udah kuliah. Nah! Nobita, dari gue TK ampe kuliah, doi masih kelas 4 SD dong! Pantesnya Nobita masuk dalam buku rekor dunia karena dia memegang rekor sebagai manusia yang tinggal kelas paling banyak. Dulu diantara gue dan teman-teman gue ada istilah. Gak sah kalau nonton Doraemon gak punya komiknya juga. Sebelum gue hengkang ke Bandung, komik Doraemon gue lengkap dan tertata rapi. Tapi, saat kembali ke Medan, komik Doraemon gue pada rusak dan berhilangan. #pukpuk.

Nih. Buat yang kangen ama openingnya Doraemon. #nostalgia #masakecil.



2. Dragon Ball
Dragon Ball
Goku, Gohan, Goten, Trunks, Burma, Bezita, Mr Satan, Pikollo, Yamcha, dan yang lain merupakan tokoh utama dalam serial Dragon Ball yang dulu tayang di Indosiar hari minggu jam 09.00 pagi. Gak tau deh sekarang masih ada apa nggak. Kartun ini sih sederhana ceritanya, kalau lo bisa ngumpulin 7 bola naga, maka permintaan lo akan terkabul. Tujuh bola naga ini ada dua versi seingat gue. Ada bola naga versi naga bumi. Ada juga bola naga versi naga planetnya Pikollo (gue lupa nama planetnya). Kalau di bumi, naganya cuma bisa mengabulkan satu permintaan. Sedangkan di planetnya Pikollo, bisa mengabulkan tiga permintaan. Saat gue masih kecil, gue sering banget tuh minjam komik Dragon Ball temen gue, trus gue tempelin kertas karbon supaya gue bisa niru gambar karakternya ke kertas polos secara persis. Jadi kangen masa-masa itu.

Nih. Buat yang kangen ama openingnya Dragon Ball.



3    3. Pokemon
Pokemon
Ada yang tau ini tagline siapa? ‘Demi Mewujudkan Perdamaian Dunia. Demi Mewujudkan Ketentraman Dunia. Melawan Kebencian Dengan Cinta Dan Kasih Sayang. Musahi. Kojiro’ Yak tadi itu taglinenya Tim Rocket yang sering ganggu teman-temannya Pikachu. Itu tagline yang gue tulis. Bisa benar. Bisa salah juga. Gue juga udah lupa banget. Yang paling ‘epic’ dari film kartun Pokemon adalah saat Tim Rocket kalah. Atau kena serangan listrik Pikachu, mereka selalu saja kembali ke langit dan tiba-tiba ada kilatan putih yang berbunyi ‘TING!’ Itu ‘epic’ banget. Gak ada kartun yang bisa nyamain. Oh iya. Pokemon dulu tayangnya di Indosiar juga. 

Scene Epic Tim Rocket

      4. Power Rangers
Mighty Morphin Power Rangers

Power Rangers emang bukan kartun. Tapi serial buat anak-anak dengan tema superhero. Power Rangers yang pertama kali gue tonton itu Power Rangers seri pertama di RCTI. Judulnya kalau gak salah, Mighty Morphin Power Rangers. Theme songnya fenomenal banget. Go Go Power Rangers. Karakter seri pertama Power Rangers ini gue juga udah lupa. Yang gue ingat. Ranger putih Tommy. Sama Ranger Pink Kimberley. Tiap tahun, Power Rangers punya seri terbaru. Ada yang seri Ninja. Ada yang seri Antariksa. Ada yang seri Binatang. Dari sekian banyak seri Power Rangers, nama robot mereka ketika musuh berubah menjadi raksasa itu sama yaitu, Megazords! Bhahahah!

Nih. Theme song opening Mighty Morphin Power Rangers.



Selain keempat kartun tadi, masih banyak kartun-kartun masa kecil gue. Beberapa judul kartun mewajibkan gue mesti punya apa yang ada di kartun tersebut. Contoh, kartun Let’s & Go  membuat gue mesti punya tamiya. Karena kartun itu bertemakan mobil tamiya. Atau kartun Yu-Gi-Oh, mengharuskan gue punya kartunya. Atau kartun yang bertemakan Beyblade (mainan seperti gasing). Beberapa kartun yang gue tonton punya seri tiap tahunnya. Contohnya, Digimon. Terakhir gue nonton Digimon, berakhir di Digimon 7. Ada juga kartun yang dari gue kecil bahkan gue punya komiknya lengkap sampai sekarang belum tamat-tamat juga. Tau apa? Detective Conan. Sekarang komiknya sudah sampai volume 68 dan Conan belum gede-gede juga. Jujur aja, gue penasaran ama endingnya.

Let's and Go
Yu-Gi-Oh
Beyblade
Detective Conan
Digimon
Membahas soal kartun seperti ini, membuat gue mengenang kembali masa kecil gue yang penuh banyak tontonan di hari minggu. Beda ama anak jaman sekarang. Kalau ditanya tau kartun Digimon gak? Pasti banyak yang gak tau. Anak jaman sekarang malah disuguhi acara musik pagi-pagi yang gak jelas apa maksud dan tujuannya. Karena disuguhi acara musik seperti itu, anak jaman sekarang sangat gampang jatuh cinta. #hadehh! -____-

Satu-satunya acara musik Indonesia yang gue acungin jempol hanya MTV! (bukan global tv). Sayang sekali, MTV juga udah mati ditekan komersialisasi pertelevisian. Di postingan selanjutnya akan gue bahas soal MTV (Mtv Nongkrong Bareng, Mtv Rumah Gue, Mtv Insomnia, Mtv Ampuh atau Ajang Musik Pribumi Dua Puluh bukan Mtv Ampuh). Beruntunglah kalian yang hidup di masa-masa ketika kartun dan Mtv merajai televisi Indonesia. #bangga.

Sekian postingan gue kali ini.

Semoga terhibur.

Satu pertanyaan sebelum gue pamit.
Doraemon, Digimon, Pokemon ada hubungan kerabat gak ya ama Emon di film Catatan Si Boy? . . . Sudahlah. Lupakan. Tapi, buat yang gak tau Emon itu siapa. Nih!


Emon
Gue pamit dan assalamualaikum!

*Salam Jomblo Mengenaskan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar