Rabu, 16 November 2011

TIPS MELAKUKAN PENGHEMATAN EKSTRA SUPER UNTUK ANAK KOS!

Assalamualaikum!


Selamat siang para jomengers, kerabat jomeng, sahabat jomeng, jomeng cliquers, jomeng holic, jomeng blast, jomeng nista, jomeng lovers dan para jomblo mengenaskan yang ada di seluruh dunia. Kembali lagi dengan duta jomblo mengenaskan yang punya cita-cita baru, yaitu menjadi hokage. #iyaaakaliii

Postingan gue kali ini kembali akan membahas tips-tips yang jelas akan sangat berguna buat kalian semua. Terutama buat anak kos yang kalau akhir bulan bakalan mengalami sekarat atau sakaratul maut dalam hal keuangan. Gue tau kalian sobat! Soalnya gue juga pernah ngalamin.

Gue ini termasuk orang yang boros. Uang bulanan yang sering dikirim bokap kadang suka habis sebelum waktunya. Untuk itu, gue harus pinter-pinter mengatur keuangan meskipun gue bukan seorang akuntan. Tapi itu dulu! Sekarang tingkat keborosan gue mulai sedikit berkurang semenjak gue aktif menerima royalti dari buku gue. #tepuktepukdada #bangga #laluasma #muntahdarah.

Berdasarkan pengalaman gue, maka gue akan berbagi tips mensiasati kekurangan duit buat para anak kos bila akhir bulan mulai datang. Ini hanya sekedar tips dari gue. Boleh diikuti boleh juga ditiru. Nggak ada bedanya ya? Pengen ngelucu tapi gagal. Ya udah! Langsung aja cekidot!
      



1. HADIRI KONDANGAN

Datang Ke Kondangan.
 Ya! Tips yang pertama adalah hadiri kondangan yang diadakan warga di sekitar kawasan tempat kos lu. Tujuan-nya? Yang pasti lo bisa makan gratis dan uang bulanan lo bisa sedikit aman. Kalau lo ditanya ama si empunya kondangan lo siapa? jawab aja lo itu intel atau apalah yang bisa meyakinkan dia. Kalau lo ditanya lagi, intel di kesatuan mana? Jawab lo tuh udah pensiun. Trus kalau lo ditanya lagi, ngapain kesini? Blak-blakan aja jawabnya. Mau numpang makan gratis. Maksimalnya lo dikasih makan, minimalnya lo digampar. Simpel. Nggak ribet kan?

       2. JADI PANITIA

Panitia
Panitia yang gue maksud disini, lo bisa jadi panitia untuk acara-acara di kampus lo, di lingkungan lo atau jadi panitia di kondangan orang. Karena kalau lo jadi panitia, lo bisa dapat konsumsi gratis. Apalagi kalau lo jadi seksi konsumsi, bisa dipastikan bagian makanan yang lo dapat bakalan banyak banget. Syuuummmmfeeeeh dueeehh!


3. JADI MOTIVATOR (PEMBERI NASEHAT)


Salam Super...
 Lo pasti berpikir kalau motivator disini bukan seperti Mario Teguh. Bukan sobat! Bukan motivator itu yang gue maksud. Jadi gini, lo tau kan kalau kembang api dibeli pakai apa? Lo tau kan kalau telor dan tepung itu dibeli pakai apa? Jawabnya sudah pasti duit, bukan sempak yang sobek tengahnya. Nah! Kalau ada orang yang lo liat mau beli kembang api, lo hampiri dia dan berikan nasehat yang baik. Seperti contoh yang gue kasih.

Elo                          : bapak mau beli kembang api ya?
Si bapak                 : iya, kok tahu?
Elo                          : karena bapak telah menduarkan hatiku! (ini kenapa jadi ajang gombal? Trus kenapa mesti bapak-bapak yang harus digombal? Begooo!)
Si bapak               : maaf nak, saya sudah punya istri.
Elo                        : bukan itu maksud saya pak. Maksud saya tuh, ada baiknya uang yang bapak gunakan itu bapak berikan ke saya saja. Sayang loh pak, uang dibakar. Kalau di saya kan uangnya bisa buat makan saya pak. Saya udah tiga hari nggak ke pizza hut pak. Tolong kasihani saya pak. (buat si bapak terharu)
Si bapak               : ya udah nak, ini buat kamu saja. *ngasih goceng*.

Yang jelas tuh goceng nggak bakalan cukup beli pizza hut. Tapi cukup buat beli indomie beberapa bungkus. Bersyukur sob! Bersyukur atas apa lo yang dapat!

Sama seperti kembang api, maksud dari telor dan tepung yang gue tulis diatas hanya beda tipis. Lo pasti sering ngeliat abege-abege, terutama anak-anak smp yang kalau ada teman-nya ulang tahun pasti timpukin telor ataupun tepung. Kalau lo melihat hal itu, langsung buka baju (seolah-olah lo superman) lalu selamatkan temannya yang akan ditimpuki telor dan selamatkan telor-telor yang akan pecah di rambut abege yang ulang tahun. Minimal, lo di kosan kalau punya wajan dan kompor lo bisa masak telor ceplok sob. Masalah tepung? Jual lagi tepungnya. Gampang kan? Nggak ribet? Simpel sob!

Kena Timpuk Tepung...
       4. NEBENG
Tebengan Ekstriiimm! -___-
Kalau elo itu angkoters (sering naik angkot) usahakan mulai sekarang lo kurangi naik angkot. Dan maksimalkan nebeng ke temen. Gunakan alasan-alasan yang membuat temen lo jadi iba dan mau ditebengi ama lo. Duit yang seharusnya menjadi ongkos angkot bisa buat makan lo.

5. CARI PARTNER
  
My Partner...
 Partner hutangan lebih tepatnya. Kalau emang udah sakaratul maut banget keuangan lo, mau tidak mau, suka tidak suka, lo harus cari temen yang mau dipinjamin duitnya. Atau lo harus punya sahabat karib terutama pemilik counter di kantin. Tentu saja memesan makanan dan sistem pembayaran-nya akan lo lakukan ketika lo sudah punya duit. Kayak gue, gue punya partner hutangan di counter kantin kampus gue. Mereka baik banget. Mau gue hutangin. #terharumodeon

6. MIE INSTANT
Indomie Seleraku
 Cara terakhir ya makan mie instant. Lo punya banyak pilihan, bisa indomie, mie sedaap, supermi atau sarimi soto koya. Ala-ala Charlie gitu deh kalau udah makan sarimi soto koya.

Demikian tips yang bisa gue sampaikan. Semoga bermanfaat buat para anak kos yang sedang berjuang mempertahankan uang receh yang ada di kantong. Semangat sob! Gue yakin kalian bisa!

Gue pamit!

Assalamualaikum!

PS : gambar2 di blog gue, gue ambil dari gogel. mohon maaf kalau ada pihak yg kurang berkenan!

*SALAM JOMBLO MENGENASKAN*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar