Jumat, 15 Juli 2011

KAMUS MEDAN - PART 1

Assalamualaikum!!!
gue kembali lagi..
kali ini gue mau membahas tentang bahasa - bahasa Medan yang berbeda dari bahasa daerah lain..
FYI!! bahasa Medan itu beda dengan bahasa batak..
bahasa Medan mungkin bisa di sejajarkan dengan bahasa melayu...
simplenya bisa di lihat di kartun Upin Ipin..

Ngomong - ngomong..
di novel Anak Kos Lebay gue memasukkan satu bahasa kosa kata khas kota Medan yang merupakan kota kelahiran gue..
(kata 'gue' bakalan di ganti dengan kata 'aku' atau 'awak' menyesuaikan dengan pembahasan)
kembali ke topik..
banyak kawan - kawan awak yg udah baca Anak Kos Lebay menganggap tulisan awak itu lucu..
terutama pada part yang banyak menyinggung tentang "kereta"


bagi sebagian besar orang Indonesia menganggap kereta itu adalah sarana transportasi dengan gerbong panjangnya dan punya lajur sendiri untuk berjalan yaitu rel. Seperti gambar yang awak upload barusan.

Kereta Api

tapi, berbeda dengan makna orang Medan macam awak tentang kereta. Kalau di Medan ada 2 macam kereta. Yakni.
1. Kereta Api
2. Kereta (sepeda motor)

Sepeda Motor a.k.a Kereta
(gambar yang awak pilih agak aneh. gak usah pedulikan dengan bawaan si bapak yg di motor itu. mau babi kek, keledai kek,, yang penting jgn saudara awak yg di angkut)

YUP!! orang Medan macam awak nih, sering menyebut kata 'sepeda motor' dengan 'kereta'. Unik bukan???
Makanya, beberapa teman awak yang orang Bandung sering salah kaprah tentang makna 'kereta' itu sendiri.
bahkan ada dialog antara Deni (bukan nama sebenarnya yang merupakan teman satu kosan awak) yg berbincang via telepon dengan temannya yang orang Jakarta. Dialog tersebut, awak masukkan dalam novel Anak Kos Lebay.

awak sendiri pun hampir beradu mulut dengan teman awak yg orang Jakarta cuma karena masalah 'kereta'. Berikut cuplikan selengkapnya.

Rudi (bukan nama sebenarnya) : Eh Bob!! besok jalan yoookkk!!!
Awak : mau kemana Rud??? males gue!!!
Rudi : keliling kota Bandunglah!! lo ada motor kan???
Awak : Kereta??? gue gak ada kereta
Rudi : Eh goblok!! motor!!
Awak : Iya. kereta kan??? gak ada Rud!!!

dan saat itu pula, awak langsung menjelaskan maksud kereta yang membuat mata Rudi hampir keluar dari tempatnya karena saking emosinya.
ya begitulah..
salah satu kosa kata unik yang mungkin hanya bisa di temui di kota Medan.
nantikan kosa kata lainnya yang bakal awak bahas..
masih banyak, kosa kata unik yang persepsinya berbeda dengan bahasa Indonesia..
Assalamualaikum!!
DAN!!! MAULIAATEEE!!!!
(mauliate = terima kasih = bahasa batak)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar